PRINTER

Jenis karakter PRINTER cenderung PRAGMATIK (Jujur, Sederhana, Pasif)

Mereka cenderung giat dan sangat menghargai kompetensi serta keahlian. Mereka lebih menyukai merek terkenal yang menekankan pada keamanan, kebiasaan, serta nilai. Seseorang dengan karakter PRINTER biasanya teliti dan mengerjakan sesuatu secara bertahap. Gaya memberikan instruksi yang mereka tonjolkan dalam percakapan bisa membuat mereka memimpin percakapan tersebut. Namun, mereka akan tampak egois bagi orang yang tidak menyukai tindakan campur tangan dalam lingkungan kerja.

Mereka cenderung melihat kegunaan dari segala sesuatu. Mereka akan mencari barang dan layanan yang mempunyai ketahanan dan kegunaan yang baik sebelum membeli. Mereka butuh diyakinkan dengan kredibilitas dan kompetensi sebelum mereka mengeluarkan uang. Namun begitu mereka percaya, maka mereka akan tetap setia.

 

Kelebihan

  • Cenderung menghadirkan informasi dengan fakta, serta tepat sasaran dan tanpa basa basi.
  • Biasanya bersikap gigih serta termotivasi dengan hubungan dengan orang lain.
  • Akan langsung menyelesaikan pekerjaan begitu mendapat penjelasan.

 

Kekurangan

  • Sulit untuk menerima ide atau konsep baru.
  • Kurang percaya diri untuk memimpin dalam situasi yang tidak familiar
  • Lebih suka kalau segala hal bisa diprediksi dan tanpa kejutan.

 

Apa yang Bisa Dibicarakan?

Mereka umumnya lebih suka bicara tentang hal-hal yang bisa dipraktekkan. Jadi, jaga minat mereka dengan topik yang nyata, realistis, dan logis.

 

Apa yang Harus Dihindari?

Mereka mungkin tidak terlalu tertarik menceritakan kehidupan pribadi di awal hubungan. Jadi, hindari bertanya tentang kehidupan pribadi mereka.

 

Bagaimana Cara Berbicara dengan Mereka?

Orang-orang dengan karakter PRINTER lebih menyukai orang yang berkomunikasi dengan cara yang detail dan tepat sasaran. Mereka akan terus menverifikasi dengan nalar mereka. Jadi pastikan apa yang disampaikan realistis adanya.

 

Hal Penting Lainnya

Ketika anda berusaha menyampaikan ide kepada orang yang mempunyai karakter PRINTER, ia akan bersikap skeptis. Berikan lebih banyak informasi tambahan untuk mendukung ide anda. Jadilah rendah hati, kaitkan ide anda dengan contoh-contoh lain yang telah ada sebelumnya.

Bersiaplah untuk memberikan target pencapaian yang tidak terlalu lama dan tidak mengawang-awang. Mereka butuh perencanaan yang kongkrit. Mereka pun tidak takut untuk menyampaikannya. Percayalah kepada ide anda dan bawa kepada mereka seolah-olah hal tersebut telah selesai dilaksanakan.

Mereka bisa memaksa untuk mengimplementasikan rencana mereka yang biasanya bersifat pendekatan pragmatis yang telah teruji dan terbukti.  Mereka tertarik pada hukum sebab akibat, dan menerima fakta dengan prinsip-prinsip logika. Mereka cenderung suka melakukan pekerjaan sendiri dan tidak mendelegasikan tugas. Mereka ingin melakukannya dengan benar. Mereka mahir menyelesaikan pekerjaan dengan efisien sembari melakukan hal-hal rutin lainnya.

Mereka lebih suka berpikir sebelum menjawab sesuatu dan butuh semacam pancingan. Mereka biasanya tidak suka membicarakan hal yang tidak penting dan basa basi. Tanpa disengaja mereka sering menyakiti perasaan orang lain karena tidak terlalu menyadari pentingnya emosi.

Mereka bisa jadi sangat sulit untuk dipahami karena biasanya mereka menyimpan ide dan pemikiran sendiri. Terutama ketika itu terkait dengan informasi yang pribadi dan sensitif. Mereka menghargai fakta dan hal logis, menempatkannya di atas sensitivitas dan emosi. Hasilnya, mereka mungkin akan sulit memahami perasaan orang lain dan bahkan mengekpresikan perasaan mereka.