Thought-Process

 

Proses Berpikir

Proses berpikir menunjukkan bagaimana cara yang biasa digunakan oleh seseorang dalam memikirkan sesuatu yang dipengaruhi oleh pengalaman pribadi mereka. Proses berpikir ini digolongkan menjadi dua sifat yaitu konvensional dan tidak konvensional.

 

Konvensional

Mereka adalah orang-orang yang fokus pada hal-hal yang telah teruji,  cenderung mengikuti solusi yang telah terbukti berhasil. Mereka cenderung terorganisir, konsisten, gigih, mudah diprediksi, berpikir logis, kaku, dan disiplin. Mereka cenderung menggunakan contoh sukses di masa lalu sebagai dasar untuk menghadirkan solusi di masa sekarang.

 

Nonkonvensional

Mereka adalah orang-orang yang suka berpikir kreatif, cenderung berpikir di luar solusi yang telah ada dengan membuat sebuah solusi baru atau memperbaiki solusi lama. Mereka cenderung spontan, kreatif, imajinatif, berpikiran jauh ke depan, sulit diprediksi, tidak konsisten, dan revolusioner. Mereka cenderung bicara tentang kemungkinan-kemungkinan baik yang mungkin diraih sebagai dasar untuk membuat solusi di masa sekarang.